Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

Radang Tenggorokan

Obat Radang Tenggorokan Di Apotik,- Radang tenggorokan merupakan suatu gejala rasa tidak nyaman pada bagian belakang tenggorokan (faring). Rasa tidak nyaman ini bisa di sebabkan oleh banyak faktor. Seperti infeksi bakteri dan virus, pola hidup yang kurang sehat dan kurang mengonsumsi air putih.

Faring atau tenggorokan bagian belakang sendiri, memiliki fungsi untuk mendistribusikan makanan dan juga minuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Sehingga salah satu organ pencernaan ini memiliki peranan yang cukup penting sama halnya dengan usus dan juga lambung.

Sistem pencernaan yang menjadi urutan ke dua setelah mulut ini sangat memiliki keterikatan dengan pita suara. Sehingga apabila terjadi masalah pada faring (tenggorokan bagian belakang) maka secara otomatis pita suara pun akan menjadi terganggu.

Meskipun begitu, tidak semua radang tenggorokan mengakibatkan gangguan pada pita suara hingga menyebabakan suara menjadi serak. Dan gejala serak sendiri bisa timbul akibat 2 faktor, yaitu radang tenggorokan dan juga adanya gangguan pada saluran pernafasan.

Radang Tenggorokan

Ketika radang telah membuat suara Anda menjadi serak berarti hal tersebut menunjukan bahwa kondisi faring tengah sangat kering dan akan dibasahi oleh cairan yang ada di dalam tubuh seperti dahak. Apabila hal tersebut tak disegerakan penangannya.

Maka resiko batuk berdahak pun sudah bersiaga untuk mengintai penderita radang tenggorokan. Yang perlu Anda ketahui juga tentang radang tenggorokan adalah, radang tenggorokan ini adalah kondisi seperti ini dapat menyerang siapa saja, tanpa terikat oleh jenis kelamin maupun usia.

Selain untuk mendistribusikan makanan, faring juga memiliki fungsi sebagai sistem pernafasan. Ya, karena pada dasarnya, hubungan jaringnan faring atau tenggorokan bagian belakang terbagi menjadi 3 bagian yaitu : Faring laryngeal, faring nasal, dan faring oral.

  1. Faring laryngeal berhubungan dengan epiglotis dari laring yang tujuan terakhirnya menuju pada katuf esofagu lambung (sistem pencernaan)
  2. Faring nasal, yaitu faring yang berhubungan dengan alat pernafasan rongga hidung (sistem pernafasan)
  3. Faring oral, yaitu faring yang berhubungan dengan alat utama pernafasan yaitu jaringan paru-paru.

Sehingga ketika faring (tenggorokan belakang) memiliki permasalahan atau terkena gangguan maka bukan hanya sistem pencernaanya saja yang akan terganggu. AKan tetapi sistem pernafasan pun memiliki kemungkinan bereiko terganggu. Seperti halnya pada penyakit radang tenggorokan.

Baca Juga:

Di Indonesia sendiri penyakit ini kerap disebut dengan sebutan panas dalam. Pasalnya banyak orang yang beranggapan bahwa panas dalam merupakan gejala kekurangan vitamin C. Sehingga suhu tubuh menjadi cukup tinggi dan berimbas pada tenggorokan hingga timbullah iritasi.

Dari itulah radang tenggorokan yang tejadi pada jaringan faring ini memang kerap disebut dengan panas dalam. Karena memang ke 2 gejala tersebut sama-sama berasal dari masalah yang ada pada tenggorokan. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya dan semoga bermanfaat.

Gejala Penyakit Radang Tenggorokan

Pada umumnya, semua poenyakit akan menimbulkan gejala. Termasuk salah satunya ialah radang tenggorokan. Ya, tentu saja radang tenggorokan akan menimbulkan gejala yang begitu signifikan. Bukan hanya pada daerah tenggorokan saja, namun gejala penyakit ini pun dapat di timbulkan pada bagian tubuh lainnya.

Gejala umum yang kerap ditimbulkan oleh radang tenggorokan sendiri, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala
  • Ruam kulit
  • Rasa sakit tenggorokan
  • Nyeri otot dan nyeri sendi
  • Kelenjar getah bening membengkak.

Ternyata tidak cukup sampai disitu saja. Ternyata radang tenggorokan dengan penyebab yang beda juga akan menimbulkan gejala yang berbeda pula. Adapun gejala dari radang tenggorokan yang timbul akibat demam tinggi ialah sebagai berikut :

  • Suhu tubuh yang lebih dari 38 derajat celcius
  • Menggigil
  • Batuk
  • Bersin-bersin
  • Sakit kepala
  • Tenggorokan sakit

Sedangkan radang tenggorokan yang di akibatkan oleh mononukleosis, diantaranya ialah :

  • Sakit kepala
  • Demam tinggi
  • Kehilangan nafsu makan
  • Peradangan pada hati
  • Pembengkakan pada kelenjar limfa
  • Kelenjar getah bening membengkak
  • Pembengkakan pada kelenjar amandel.
Adapun gejala yang lebih serius, yang menandakan bahwa penyakit radang tenggorokan telah berkembang menjadi penyakit yang lebih parah.
  1. Muncul Ruam

Anda harus sangat ekstra waspada ketika penyakit radang tenggorokan Anda telah disertai dengan ruam. Apalagi jika ruam akibat peradangan tersebut terjadi pada anak-anak. Karena ruam ini bisa menjadi tanda awal munculnya penyakit cacar, campak dan rubella.

  1. Terjadi Pengkakan pada leher dan lidah

Apabila radang tenggorokan telah menimbulkan pembengkakan, hal tersebut menunjukan bahwa daya tahan tubuh seorang penderita tersebut sedang membasmi bakteri Streptococcus yang menjadi penyebab utama dari penyakit radang tenggorokan ini.

Namun lain halnya ketika pembengkakan terjadi pada lidah. Karena yang dikhawatirkan adalah pembengkakan tersebut merupakan gejala awal dari penyakit kanker lidah atau kanker pita suara yang cukup langka dan juga sangat berbahaya.

  1. Kaku pada Leher

Seorang penderita radang tenggorokan yang disertai dengan gejala leher yang kaku juga harus sangat berwaspada. Karena leher yang kaku dengan disertai rasa sakit pada tenggorokan merupakan salah satu gejala penyakit meningitis atau penyakit otak yang cukup berbahaya dan mematikan.

  1. Air Liur yang Terus Menerus Keluar (Ngeces)

Hal ini akan mungkin terjadi ketika penyakit radang tenggorokan telah beranjak semakin parah. Dan ketika penderita sudah tidak mampu lagi mengendalikan fungsi tenggorokan dan rongga mulut. Sehingga akibat rasa sakit yang teramat sangat pada saat menelan, air liur yang semestinya ditelah malah akan terus menerus keluar.

Gejala yang satu ini pada umumnya terjadi pada anak-anak namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga dapat mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, penyakit radang tenggorokan yang terjadi pada anak kecil ataupun orang dewasa tidak dapat dianggap sepele dan memerlukan penanganan yang tepat dan baik.

Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan

Banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit radang tenggorokan muncul. Salah satunya ialah karena adanya gangguan infeksi dari bakteri Streptococcus Pyogenes. Bakteri ini akan bekerja dengan menimbulkan iritasi tepatnya pada bagian faring (tenggorokan belakang).

Rasa sakit atau rasa tidak nyaman sendiri akan mengganggu penderitamnya dalam melakukan aktivitas makan. Pasalnya makanan yang akan masuk ke dalam tubuh harus melewati tenggorokan yang memang sedang mengalami iritasi. Tentu makanan tidak akan mudah masuk seperti pada konsisi normal.

Bisa dikatakan cukup berat memang, karena apabila bakteri Streptococcus Pyogenes tidak segera di basmi. Maka yang dikhawatirkan adalah infeksi iritasi yang timbulkan akan semarin meluar dan bertambah buruk. Sehingga akan semakin menambah jumlah penderitaan yang harus di alami oleh penderita radang tenggorokan.

Selain bakteri Streptococcus Pyogenes, bakteri yang menjadi penyebab batuk rejan yang menular juga dapat menimbulkan masalah pada radang tenggorokan. Adapula bakteri penyebab penyakit difteri yang cukup membahayakan ini juga ternyata dapat menimbulkan radang tenggorokan.

Beberapa diantara virus yang dapat menyebabakan radang tenggorokan ialah sebagai berikut :
  • Virus campak
  • Viros croup
  • Virus cacar air
  • Virus mononucleosis
  • Virus influenza
  • Virus penyebab HIV/AIDS, dan
  • Common cold.

Adapun penyebab dari radang tenggorokan non-infeksi (selain dari akibat bakteri dan virus), ialah sebagai berikut :

  1. Kekeringan

Kekeringan yang dimaksud adalah kekeringan pada daerah tenggorokan. Hal ini bisa disebabakan oleh kurang mengonsumsi air putih dan suhun udara yang cukup panas. Selain itu, melakukan pernafasan melalui mulut yang biasa dilakukan ketika hidung tersumbat juga bisa menyebabakan radang tenggorokan.

  1. Alergi

Bagi para penderita alergi, jangan salah alergi juga dapat menjadi penyabab dari penyakit ini. Alergi umum yang biasa menimbulakna permasalahan pada tenggorokan ialah seperti : Alergi terhadap bulu-bulu hewan, pada serbuk sari bunga dan juga akibat terpapar debu.

  1. Iritasi

Pada umumnya iritasi yang akan ditimbulkan adalah akibat mengonsumsi makanan yang memiliki rasa yang cukup pekat (terlalu asin dan pedas), gorengan, ciki anak-anak, keripik, dan alkohol. dan bagi Anda peroko, perlu diketahui juga bahwa ternyata asap rokok dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokan.

  1. Asam Lambung (GERD)

Kondisi dimana asam naik (reflux) ke katup esofagus ini jelas akan membuat tenggorokan menjadi cidera atau terluka. Pasalnya cairan asam yang keluar dari lambung ini memiliki sifat yang mengiritasi. Jadi sangat jelas bahwa GERD termasuk pada salahsatu penyebab radang tenggorokan non-infeksi.

  1. Kanker atau Tumor

Salah satu penyebab radang tenggorokan yang jarang terjadi. Namun kehadirannya jelas akan mengganggu fungsi utama tenggorokan. Jenis kanker ataupun tumor yang dapat menyebabkan radang tenggorokan ialah kanker lidah dan kanker pita suara.

Bahaya Penyakit Radang Tenggorokan

Pada umumnya penyakit radang tenggorokan ini akan berlangsung selama 2 atau 3 hari. Jika dalam 2-3 hari penyakit radang tenggorokan tersebut tidak kunjung membaik apalagi jika tidak  disertai dengan gejala flu. Anda harus waspada dan berhati-hati.

Pasalnya penyakit radang tenggorokan yang tak kunjung sembuh, di khawatirkan akan menimbulkan penyakit komplikasi pada jaringan tubuh lainnya. Sehingga upaya penanganan yang tepat, cepat dan aman sangat diperlukan untuk membantu mengobati penyakit radang tenggorokan ini.

Menurut Para Ahli :

Menurut salah seorang dokter yang bernama Syahrial M Hutauruk, SpTHT-KL(K) yang merupakan ketuan dari Divisi Laring Faring di Departemen THT. Beliau menyebutkan bahwa radang tenggorokan merupakan penyakit yang bersifat mendadak (akut) atau lama dan berulang (kronis).

Dr Syahrial juga menuturkan bahwa penyakit radang tenggorokan baik akut (mendadak) yang tidak di tangani dengan baik maka dapat menimbulkan komplikasi. Dimana akan terdapat penumbukan abses yang berisi cairan nanah di dalam leher yang bisa menerobos ke jaringan paru-paru.

Sedangkan untuk radang tenggorokan yang telah kronis dapat memicu pembengkakan pada kelenjar tonsil (kelenjar amandel) dan juga pembengkakan pada kelenjar getah bening. Jadi sangat jelas bahwa pembengkakan yang terjadi pada leher bukan hanya akibat gondongan atau kanker kelenjar getah bening.

Namun radang tenggorokan juga dapat menjadi pemicu tumbuhnya pembengkakan pada leher. Selain itu, penderita radang tenggorokan juga akan mengalami demam tinggi dengan angka berkisar lebih dari 38 derajat celcius bahkan hingga lebih.

Namun meski penyakit radang tenggorokan termasuk ke dalam ketegori penyakit yang tidak bisa di anggap sepele dan cukup membahayakan. Upaya penanganan yang tepat, cepat, efektif dan alami akan membantu mengobati penyakit radang tenggorokan dengan baik.

Adapun bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh penyakit radang tenggorokan secara spesifik ialah sebagai berikut :

  1. Sakit pada tenggorokan yang teramat sangat
  2. Sulit menelan yang semain parah
  3. Mimisan
  4. Resiko mengidap penyakit rematik
  5. Otot dan katup jantung terkena rematik
  6. Timbulnya abses nanah pada tenggorokan
  7. Komplikasi
  8. Penyakit kanker.

Faktanya, sekitar 15 juta orang di USA akan segera memeriksakan diri pada ahli medis ketika mereka terkena gangguan dari penyakit radang tenggorokan. Karena sebagian besar virus yang menjadi penyebab dari radang tenggorokan akan sangat mudah menyebar dengan cepat di rumah, kantor ataupun sekolah.

Adapun kenyataanya, 10 % orang dewasa memerlukan perawatang dengan menggunakan anti-biotik untuk membantu mengobati penyakit radang tenggorokan yang telah serius. Tugas dari anti biotik ini sendiri adalah untuk memebantu membasmi virus penyebaba radang tenggorokan secara efektif.

Penggunaan anti-biotik sendiri harus tepat sasaran. Karena salah-salah daya tahan tubuh yang beri asupan anti-biotik dikhawatirkan akan menjadi bumerang bagi penggunanya. Sehingga dikhawatirkan akan muncul penyakit akibat auto-imun.

Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

  • Obat Radang Tenggorokan Di Apotik FG Troches

Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

  • Obat Radang Tenggorokan Di Apotik Degirol

Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

  • Obat Radang Tenggorokan Di Apotik SP Troches

Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

  • Obat Radang Tenggorokan Di Apotik Strepsils

Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

  • Obat Radang Tenggorokan Di Apotik Efisol Lozenges

Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

  • Obat Radang Tenggorokan Di Apotik Lemocin

Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

  • Obat Radang Tenggorokan Di Apotik Dexamethasone

Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

  • Obat Radang Tenggorokan Di Apotik Qnc Jelly Gamat

Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

Postedby: https://www.obatradangtenggorokandiapotik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *