Jahe dan Daun Saga Untuk Radang Tenggorokan

penasaran

Jahe dan Daun Saga Untuk Radang Tenggorokan

Jahe dan Daun Saga Untuk Radang Tenggorokan

Jahe dan Daun Saga Untuk Radang Tenggorokan,- Semua orang memang akan pernah mengalami batuk serta rasa gatal ditenggorokan, membuat rasa tidak percaya dirinya merasa turun dan sulitnya beraktivitas seperti biasanya akan terganggu akibat rasa ketidaknyamanan didalam tenggorokan (faring).

Bila akan hal itu terjadi, sebaiknya jangan disepelekan atau dibiarkan begitu saja. Sebab, mungkin saja gejala tersebut akan menimbulkan gejala penyakit radang tenggorokan. Apa itu radang tenggorokan?

Radang tenggorokan merupakan suatu penyakit yang diakibatkan virus atau bakteri yang masuk kedalam tenggorokan sehingga mengalami peradangan. Tak heran, jika membuat seseorang akan kesulitan menelan akibat rasa sakit dibagian leher atas atau bagian bawah belakang tulang dada.

Melainkan disebabkan virus, radang tenggorokan ini juga bisa timbul karena disebabkan faktor debu, tanaman serbuk, udara kering, serbuk sari bahkan merokok terbilang hal pemicu utama yang sering mengakibatkan radang ini mulai terjadi. Dan hal ini juga, dapat disebabkan karena kurangnya memperhatikan pola hidup yang sehat atau tidak teratur dalam menjaga lingkungan yang bersih.

Meskipun penyakit radang ini akan ditimbulkan gejala yang terbilang ringan, sebaiknya jangan disepelekan begitu saja. Sebab, penyakit ini dapat dikatakan akut karena bisa mengakibatkan amandel, kelenjar getah bening membengkak, hati mengalami peradangan, bronkitis sampai menjalar kebagian paru-paru.

Nah, bila Anda sendiri sering mengalami radang tenggorokan ini sebaiknya jangan bergantung dengan resep dokter saja. Tetapi, Anda juga harus mencobanya dengan memanfaatkan obat herbal seperti jahe untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan tersebut secara alami.

Jahe dan Daun Saga Untuk Radang Tenggorokan

Jahe dan Daun Saga Untuk Radang Tenggorokan

Jahe dalam bahasa inggris disebut Garden Ginger ini merupakan jenis tanaman rimpang yang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan sering dijadikan bahan bumbu dapur dan bahan pengobatan secara alami.

Bahkan orang luar seperti bangsa Eropa, Jepang dan Tiongkok ini sering memanfaatkan jahe tersebut sebagai bahan makanan penghangat badan. Rasa hangat yang akan ditimbulkannya, memang sangat baik untuk kebugaran tubuh dan menjaga stamina tubuh manusia.

Namun tak hanya itu saja, jahe ini memang memiliki kandungan kimia baik yang bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi batuk dan sakit akibat radang tenggorokan secara alami. Lalu bagaimana dengan cara memanfaatkan jahe untuk radang tenggorokan? Simak langkah-langkah pembuatannya dibawah ini.

  • Siapkan beberapa ruas jahe seperlunya saja
  • Cuci hingga bersih dan potong menjadi kecil-kecil
  • Siapkan wajan dan didihkan air secukupnya saja
  • Setelah terlihat mendidih, masukan potongan jahe tersebut kedalam air yang sudah dididihkan tadi
  • Tunggu hingga matang dan terlihat menyusut dari ½ nya
  • Saring dan tiriskan air rebusan tersebut sampai Anda bisa mengonsumsinya

Itulah berbagai manfaat jahe, serta cara membuat ramuan jahe untuk mengobati radang tenggorokan secara cepat dan alami. Konsumsi ramuan jahe setiap hari secara rutin, hingga batuk, rasa nyeri dan gatal ditenggorokan terasa hilang.

Jahe dan Daun Saga Untuk Radang Tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan, memang sering diabaikan oleh semua orang karena jenis penyakit ini terbilang ringan dan biasanya akan mudah menyerang siapa saja bahkan bayi pun akan dapat mengalaminya.

Secara definisi, radang tenggorokan atau faringitis ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman atau virus mengalami peradangan dibagian belakang tengggorokan (faring). Sehingga akan membuat seseorang,  kesulitan beraktivitas seperti sulit menelan makanan akibat rasa sakit dan panas dalam dibagian tenggorokan.

Dan kebanyakan orang, penyebab rasa panas dalam itulah yang akan membuat dirinya menyepelekan penyakit tersebut adalah suatu hal yang biasa karena dapat sembuh dengan sendirinya meskipun tida ditangani dengan dokter.

Baca Juga: Manfaat Binahong Untuk Radang Tenggorokan

Tetapi, tahukah Anda jika tenggorokan tersebut malah dibiarkan begitu saja maka berbagai gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, sakit tenggorokan, ruam dibagian kulit, nyeri sendi dan otot, amandel dan kelenjar getah bening pun dapat membengkak dengan sendirinya.

Bahkan, jika radang tenggorokan ini sudah dikatakan kronis dengan mudah peradangan hati, masalah paru-paru, sinusitis, bronkitis dan pembengkakan limpa pun bisa terjadi lho. Nah, untuk menjauhi penyakit yang terbilang biasa ini agar tidak  menjadi suatu penyakit yang kronis.

Mungkin, mendengar resep dokter dapat mengobati radang tenggorokan sangat tak asing lagi untuk didengar. Tetapi akan asing, jika Anda memanfaatkan beberapa daun saga yang ada dipekarangan rumah ternyata bisa menyembuhkan radang tenggorokan secara alami.

Jahe dan Daun Saga Untuk Radang Tenggorokan

Daun saga yang terkenal dengan kemiripinnya seperti pohon petai yang berbiji merah kecil ini, memang memiliki kandungan baik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan salah satunya seperti mengobati penyakit radang tenggorokan.

Menurut peneliti, daun saga ini memiliki kandungan seperti zat oksalat, protein, flisirizinat, pentosane, glisrizin, kalsium, ploygalacturomic dan vitamin A, B1, B6 dan C. Kandungan ini akan menyatu sehingga membuat gangguan pernafasan, bronkitis, sakit tenggorokan, sariawan dan panas dalam dapat hilang dan terobati secara alami. Tak hanya dengan itu, kelebihan dari zat pada daun saga ini ternyata dapat mengeluarkan dahak, gatal ditenggorokan, batuk kering dan membuat terasa lega dibagian tenggorokan.

Dan untuk cara memanfaatkan daun saga ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan beberapa daun saga secukupnya saja. Lalu, bersihkan dengan air bersih dan remaslah sampai airnya keluar. Agar tidak menguras tenaga, Anda juga dapat merebus daun saga tersebut dengan matang. Ambil airnya dan tuangkan kedalam gelas. Biarkan air rebusan tersebut sampai terlihat dingin dan konsumsilah setiap hari secara rutin.

Itulah cara memanfaatkan daun saga untuk mengobati radang tenggorokan secara alami. Selain, mengonsumsi ramuan secara rutin pastikan Anda menghindari makanan yang kurang sehat serta istirahat yang cukup agar kondisi tubuh bisa tetap stabil dan tidak memperparah kondisi penyakit tersebut.

Sumber: https://www.obatradangtenggorokandiapotik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Chat Via WhatsApp